Kamis, 30 Mei 2013

Bambu Gila

Bambu Gila

 
Bambu Gila
baramasuwen (bambu gila) termasuk salah satu pertunjukan budaya yang sampai saat ini masih eksis di daerah maluku utara, baramasuwen atau biasa di sebut juga dengan bambu gila ini hanya bisa di lihat ketika ada acara-acara tertentu misalnya acara adat atau pesta rakyat, bambu gila ini biasanya di mainkan oleh satu orang pawang dan 5-8 orang yang memgang bambu tersebut, dan bambu yang sudah di ketok dengan sedikit bacaan mantra oleh sang pawang akan mengikuti gerak tangan dan badan dari sang pawang, dan orang-orang yang memegang bambu tersebut juga akan kewalahan karna bambu menahan getaran dari bambu tersebut.
\
 Berdasarkan pengalaman saya, saya awalnya tidak percara kata orang orang bahwa bambu  gila bisa bergerak sendiri, dan saya berinisiatif untuk membuktikannya,  ketika sang pawang mebakar menyan dan di kelilingi di bambu yang akan kita pegang, saya udah keringetan, setelah sang pawang membaca sedikit mantra bambu yang kita pegang sudah mulai bergetar, dan bambupun mulai bergerak mengikuti tangan dari sang pawang, dan dari situ saya baru sadar ternyata bambu gila itu benar-benar nyata "tidak ada rekayasa dari orang-orang yang memegang bambu.

0 komentar:

Posting Komentar