Kamis, 30 Mei 2013

Tarian Togal

Tarian Togal


Tarian Togal adalah salah satu tarian dari bermacam-macam tarian yang ada di maluku utara.  tarian togal adalah tarian yang bisanya di mainkan ketika ada acara-acara tertentu Misalnya ada penyambutan Tamu Spesial, Nikahan dan acara-acara adat lainnya.  tarian togal ini biasanya di di lakuka berpasang-pasagan, yang terdiri dari 5 orang pria dan 5 orang wanita.
 
Tarian togal  biasanya di iringi dengan music-music tradisional misalnya Juk, Tifa, Gong, dan ada satu orang yang biasa melantunkan pantun untuk mengiringi music-music yang di mainkan.
Kostum yang di gunakan juga beragam, biasanya ada juga yang seragam antara pria da wanita, dan ada juga yang berbeda warna antara penari pria dan penari wanita.
 
Kalau ada penyambutan tamu dan Acara-Acara Adat, Biasannya Penari pria dan wanita menggunakan  pakayan yang seragam, kalau acara-acara biasa misalnya nikahan biasanya di ramaikan dengan Masayarakat yang ingin Menari saja, dan mayoritas yang ada di dalam tenda acara adalah ibu-ibu dan papak-bapak.

1 komentar:

  1. asal mula tarian togal itu dari mana dan arti dari kata "TOGAL" itu apa mohon di perjelas

    BalasHapus